PERIOD: Kelas Kritik Sastra dan Film 2018

 

PERIOD

Kelas Kritik Sastra dan Film

Jakarta, 17-18 Desember, 2018

Period adalah proyek penyebaran pengetahuan tentang penulisan yang berlangsung secara berkala, meliputi kelas penulisan fiksi, puisi, skenario film, kritik sastra, dan kritik film, serta menggarisbawahi pemikiran kritis dan nilai-nilai keberagaman. Proyek jangka panjang selama lima tahun ini digagas serta dijalankan oleh Intan Paramaditha dan Lily Yulianti Farid dan akan dimulai dengan kelas penulisan kritik/ resensi sastra dan film di Jakarta pada tanggal 17-18 Desember 2018.

Latar Belakang Period

Gagasan di balik Period adalah upaya mempromosikan pemikiran kritis dan nilai-nilai keberagaman dalam sastra dan film, khususnya terkait dengan suara kreator/ intelektual perempuan. Secara umum, Period mendukung perjuangan kesetaraan representasi dari segi gender, etnisitas, maupun latar belakang budaya dan geografis.

Fokus pada karya dan pemikiran perempuan kami anggap penting karena, di luar beberapa nama yang menonjol, karya-karya perempuan sering kali tersingkir dari medan produksi kebudayaan yang masih diwarnai bias gender. Karenanya, diperlukan adanya forum yang menyiapkan generasi baru penulis/ kritikus yang menguasai mediumnya sekaligus memiliki perspektif gender.

Nama Period mengacu kepada periode; kami berharap dapat menyelenggarakan kelas-kelas secara berkala dalam periode waktu tertentu. Nama ini juga mengacu pada awalan/ periode baru dari munculnya generasi yang tidak hanya menguasai teknik penulisan tapi juga memiliki kesadaran yang tinggi atas permasalahan sosial di sekitarnya.

Secara singkat, Period bertujuan:

1) Menjadi ajang belajar dan bertukar gagasan tentang sastra dan film dengan menimbang wacana sosial, budaya, dan politik yang melingkupinya secara kritis.

2) Mempromosikan keberagaman dengan mengangkat karya-karya yang kaya namun kurang mendapat ruang di publik, khususnya karya-karya perempuan.

3) Menjadi infrastruktur bagi perkembangan generasi baru di ranah kebudayaan, khususnya sastra dan film, dengan menyiapkan penulis dan kritikus yang kreatif dan analitis.

Kelas Kritik Sastra dan Film

Period diawali dengan kelas kritik sastra dan film berdasarkan pertimbangan kebutuhan yang cukup genting, yaitu terbatasnya jumlah penulis kritik sastra dan film yang produktif dan berkualitas. Kami percaya bahwa untuk menunjang ekosistem sastra, film, dan ranah kebudayaan pada umumnya, dibutuhkan lebih banyak kritik dan resensi yang jernih, tajam, dan menarik.

Kegiatan

Tempat/ waktu:

Jakarta, 17-18 Desember 2018

Pengajar:

Melani Budianta dan Lisabona Rahman

Acara:

1) Kelas kritik sastra dan film yang dipandu oleh Melani Budianta dan Lisabona Rahman.

Dua minggu sebelum kelas dimulai, peserta akan diberikan daftar buku dan film untuk diresensi dan didiskusikan di kelas. Peserta memilih salah satu dari karya ini dan menulis draft resensi. Dalam waktu dua hari, peserta diharapkan merevisi resensinya berdasarkan diskusi yang berlangsung di kelas.  

2) Bincang publik.

Pada akhir acara akan diadakan bincang publik yang mengundang penulis, akademisi, maupun pegiat sastra. Untuk kegiatan Period edisi pertama ini, kami akan mengundang Dewi Noviami dan Dewi Kharisma Michellia untuk berbicara tentang proses membaca karya-karya penulis perempuan dalam proyek “Ruang Perempuan dan Tulisan.”

 
Intan ParamadithaPeriod