Sekolah Pemikiran Perempuan Cipta Media Ekspresi

 

Sekolah Pemikiran Perempuan digagas bagi pekerja seni budaya maupun periset tentang seni budaya yang memiliki ide potensial untuk menambah pengetahuan perempuan yang disampaikan dalam seleksi hibah Cipta Media Ekspresi 2018. Tujuan dari Sekolah Pemikiran Perempuan adalah membuka ruang belajar perspektif perempuan bagi peserta untuk menajamkan konsep karya.

Lewat Sekolah Pemikiran Perempuan, peserta diharapkan akan mengenal konsep dasar pemikiran perempuan dalam berkarya seni budaya, meriset ataupun mengkaji hasil karya seni budaya. Untuk itu, peserta memiliki tugas membaca, me-review dan mendiskusikan rujukan yang dipersiapkan. Peserta juga didorong untuk mengembangkan rancangan karyanya melalui mekanisme peer review seturut perkembangan pengetahuannya mengenai pemikiran perempuan. Pengembangan rancangan karya tersebut akan menentukan seleksi hibah CME senilai 20 juta rupiah kepada masing-masing peserta yang berhasil.

Program Sekolah Pemikiran Perempuan dibagi dalam dua tahap: pertama, sekolah daring yang berlangsung dari akhir Juli hingga September 2018; kedua, sesi tatap muka yang berlangsung di Yogyakarta, pada tanggal 13-15 Oktober 2018.